Dalam acara Sosialisasi Gerakan Masyarkat Hidup Sehat (Germas) yang diselenggarakan oleh Poltekkes Kemenkes Yogyakarta di Gedung KPRI Kecamatan Sumber pada Senin sore (16/04), Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang selaku OPD terkait, mengajak masyarakat Rembang untuk melaksanakan Germas MAKCES.

Kadinkes Rembang dr. Ali Syofii ketika mendapat kesempatan untuk mengisi kegiatan Sosialisasi tersebut mengenalkan program Germas dengan MAKCES kepada para peserta yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat yang berjumlah sekira 300an orang.

“Kadinkes Rembang dalam sambutannya berharap agar masyarakat termotivasi untuk mensukseskan program GERMAS”

“Germas merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang digagas oleh Pemerintah untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku hidup sehat, karena sehat dimulai dari kita sendiri, fokus kegiatan Germas di Kabupaten Rembang yakni MAKCES”jelasnya.

MAKCES sendiri meliputi Memberi ASI eksklusif pada bayi 0-6 bulan, Aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, Konsumsi buah dan sayur setiap hari, Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Stop buang air besar sembarangan.

Sementara itu, terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi) dapat dilihat dari beberapa kejadian di era 1990-an, penyebab kematian dan kesakitan terbesar adalah penyakit menular seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), Tuberkulosis (TBC), dan Diare.

Namun sejak tahun 2015, penyakit tidak menular (PTM) seperti Stroke, jantung, kanker, dan diabetes (penyakit katastropik) menduduki proposi lebih tinggi di pelayanan kesehatan. Hal ini dipicu karena perubahan pola gaya hidup masyarakat yang tidak sehat antara lain seperti kurangnya aktivitas fisik, kurang mengkonsumsi sayur dan buah, merokok, konsumsi alkohol dan gaya hidup tidak sehat lainnya.

Selain itu, Kadinkes Rembang dr. Ali Syofii juga menyampaikan mengenai program prioritas Nasional tahun 2018 yang meliputi percepatan penurunan stunting, percepatan eliminsasi TBC, dan peningkatan cakupan Imunisasi.

Di sela-sela acara dilakukan senam peregangan bersama sebagai selingan agar tetap bugar dan produktif. Pada acara Sosialisasi Germas yang mengusung tema Dengan Semangat Germas, Kita Tingkatkan Status Kesehatan Keluarga dan Masyarakat dihadiri oleh Ibu Hj. Sri Wulan, SE dari Komisi IX DPR RI, Bupati Rembang H. Abdul Hafidz didampingi Istri Ibu Hj. Hasiroh Hafidz, serta Jajaran dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

“Hj. Sri Wulan, SE, Ketika memberikan sambutan dalam acara sosialisasi Germas di Kecamatan Sumber”

Pada akhir acara dilakukan penandatangan komitmen bersama untuk mewujudkan gerakan masyarakat hidup sejat (Germas) dan pemberian paket PMT (Pemberian Makanan Tambahan) serta hadiah yang diberikan perwakilan dari unsur masyarakat di Desa Sumber.(HumasDinkesRbg)

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

%d blogger menyukai ini: