Untuk mendukung gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) sesuai instruksi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Dinas Kesehatan telah mendeklarasikan Germas saat acara Puncak Hari Kesehatan Nasional ke 53 di Alun-alun Kota Rembang.

“Ibu Hj. Hasiroh Hafidz ikut senam bersama lho”

Menindaklanjuti hal tersebut 2 Puskesmas yakni Kragan 1 dan Kragan 2 mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kecamatan Kragan yang bertempat di Pantai Indah Mbalongan Kecamatan Kragan, Minggu pagi (10/12/2017). Senam pagi dan adanya hiburan bagi masyarakat dan pengunjung pantai menambah semaraknya acara pencanangan germas.

“kami ditiap kesempatan terus menggelorakan semangat gerakan masyarakat hidup sehat ini, jauh sebelum adanya pencanangan ini Bapak Bupati Rembang pun senantiasa menggelorakan semangat germas baik diberbagai kesempatan formal maupun non formal”ungkap dr.Ali Syofii saat memberikan sambutan dipanggung kehormatan.

Kadinkes Rembang : “Ayo mulai kita tinggalkan perilaku buruk kita yang menyebabkan penyakit terhadap diri dan keluarga kita”

Beliau juga mengajak seluruh masyarakat membudayakan hidup sehat “mari kita semua budayakan hidup bersih dan sehat dimulai dari hal kecil seperti menjaga kebersihan rumah, melakukan cuci tangan pakai sabun sebelum makan, makan buah dan sayur yang cukup, melakukan olahraga minimal 30 menit sehari, istirahat yang cukup, dan kurangi merokok”jelasnya.

Terkait dengan upaya mensukseskan misi Bupati Rembang dalam mencapai Kabupaten Rembang Stop Buang Air Besar Sembarangan (ODF), dr. Ali Syofii meminta arahan, motivasi dari Bupati Rembang supaya masyarakat dapat terbangun kesadaran dan kemauannya untuk Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Pada pencanangan ini Bupati Rembang menyampaikan arahan sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh lapisan masyarakat untuk merubah perilaku dan gaya hidup untuk lebih sehat.

“dengan masyarakat yang sehat dari sisi pandangan ekonomi pun dapat menekan cost atau biaya yang dikeluarkan untuk berobat”ungkap Bupati Rembang.

Sedangkan untuk mencapai Rembang ODF, Bupati Rembang mengajak kepada seluruh stakeholder baik yang ada di desa, di kecamatan maupun yang ada di Kabupaten untuk mengeroyok dan menyatukan pemikiran bersama dengan berbagai upaya dan strategi untuk menuntaskan desa yang belum lolos ODF.

“saya minta kepada seluruh stakeholder serta masyarakat untuk mendukung Pemkab Rembang dalam mencapai kabupaten ODF, ayo kita keroyok dan satukan pemikiran kita dengan upaya-upaya dan strategi yang jitu untuk menuntaskan desa yang belum lolos ODF ini, kami dari Pemkab Rembang akan memberikan reward kepada desa yang telah lolos ODF, yang penting action kita dulu”ajak Bupati kepada seluruh lapisan masyarakat dan dicanangkan pula germas di kecamatan Kragan.

“Mari kita berusaha dan berdoa bersama untuk Rembang yang lebih Madani”

Pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat ditandai dengan penandatanganan Bupati Rembang H. Abdul Hafidz pada media papan yang sudah dipersiapkan pihak puskesmas. Setelah Bupati, dilanjutkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Rembang dr.Ali Syofii, Kepala Puskesmas Kragan 1 dan Kragan 2, Muspika Kecamatan Kragan, dan seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara pencanangan gerkan masyarakat hidup sehat (Germas).

(HumasDinkesRbg)

Comments (1)

  • Vimax

    Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan memang penting. Jika masyarakatnya sehat, pasti daerahnya maju.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

%d blogger menyukai ini: