Sebanyak 20 dokter muda dari Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang akan menjalani Stase Komprehensif (program magang bagi dokter muda) di Kabupaten Rembang selama 2 bulan kedepan.

Para dokter muda tersebut diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang melalui Kepala Seksi Yankes dr. Teguh Panca pada Senin pagi (17/09) di Aula Dinas Kesehatan Rembang. Saat penerimaan berlangsung para calon dokter diberikan arahan dan dilakukan pembagian penempatan lokasi.

“Penyerahan Dokter Muda ke Kepala Puskesmas Lasem dr. Arif untuk melakukan Stase Komprehensif”

“dari jumlah 20 dokter muda, sepuluh ditempatkan di RSUD dr. Soetrasno, dan sisanya lagi disebar di beberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten Rembang. Selama waktu kompre 2 bulan akan dilakukan rotasi, yang mana sudah ditempatkan di Puskesmas pindah ke RSUD begitu juga sebaliknya”ungkap Kasie Yankes.

“Penyerahan Dokter Muda ke Kepala Puskesmas Kragan 1 dr. Tusnendi untuk melakukan Stase Komprehensif”

Setelah diberikan arahan dan dilakukan pembagian, para dokter muda langsung diantar dan dihadapkan kepada pihak rumah sakit maupun puskesmas dengan dibekali surat pengantar dari Universitas yang berisikan penyerahan dokter muda untuk melaksanakan stase komprehensif.

Stase Komprehensif merupakan suatu program magang dari Universitas atau perguruan tinggi untuk dokter muda yang telah menyelesaikan profesi (yudisium 1) dan selanjutnya digunakan sebagai syarat untuk mengikuti ketentuan penilaian kelulusan ujian akhir (yudisium 2) di perguruan tinggi.

“Penyerahan Dokter Muda ke Kepala Puskesmas Kragan 2 dr. Intan untuk melakukan Stase Komprehensif”

Adapun tujuan dari stase komprehensif yakni untuk penerapan kompetensi atau ilmu yang telah diperoleh dari Universitas yang dilakukan secara holistik atau menyeluruh dan menggunakan pendekatan kedokteran keluarga supaya lebih mahir serta mengetahui adanya perbandingan antara hasil pendidikan dan penerapan atau praktik langsung di lapangan.(HumasDinkesRbg)

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

%d blogger menyukai ini: