Gubernur Jateng : Fasilitas Ditingkatkan, Pelayanan Harus Lebih Optimal.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara resmi membuka operasional gedung baru Puskesmas Sumber pada Sabtu (30/3) lalu. Peresmian oleh Gubernur Ganjar Pranowo dilakukan dengan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita. Puskesmas Sumber pun siap beroperasi melayani masyarakat dengan fasilitas yang lebih baik.

Bangunan dua lantai itu memiliki sejumlah layanan baru yang siap dimanfaatkan masyarakat sepenuhnya. Dari kapasitas ruangan yang lebih banyak dan nyaman, layanan konseling baru, hingga taman bermain anak.

Turut hadir dalam peresmian, Bupati Rembang Abdul Hafidz, Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto, Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso, Dandim 0720/Rembang Letkol Arh Andi Budi Sulistianto serta Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Rembang dr. Ali Syofii dan instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Ganjar menyoroti tingginya angka kematian ibu (AKI) melahirkan di Jawa Tengah. Berdasarkan analisanya, tingginya AKB disebabkan kurangnya pendampingan saat melahirkan. Melalui momen peresmian Puskesmas Sumber, Gubernur mengingatkan kepada masyarakat untuk memperhatikan ibu hamil.

”Ibu hamil ini butuh perhatian. Dan yang utama adalah suaminya. Bukan suami tetangga,” ujar Gubernur sembari berkelakar.

Gubernur juga sempat memanggil salah satu bidan untuk naik ke atas panggung. Adalah Ferania seorang bidan asal Desa Randuagung. Bidan tersebut pun ditanyai orang nomor satu di Jateng itu mengenai angka kematian ibu di wilayah kerjanya. Kebetulan, di desa tersebut tak ditemukan ibu melahirkan yang meninggal. Hadirin pun bertepuk tangan.

”Alhamdulillah… Saya ini kalau melihat masyarakat Rembang senang. Sehat-sehat. Lihat bodinya nih (bidan yang gemuk),” kata Gubernur yang disambut gelak tawa hadirin.

Gubernur Ganjar pun bertanya tentang angka kematian bayi. Di Desa Randuagung, menurut penuturan sang bidan, ada dua bayi yang meninggal. Dan, penyebab meninggalnya yakni gizi yang kurang.

Setelah seremonial peresmian, Gubernur Ganjar didampingi Bupati Rembang Abdul Hafidz, Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto, Kepala Dinas Kesehatan Rembang dr. Ali Syofii serta Kepala Puskesmas Sumber Hermin Yanuar berkeliling melihat sejumlah ruangan beserta fasilitas anyar. (RaKudforHumasDinkesRbg)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *