Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS) ke 10 di Kabupaten Rembang, kali ini diselenggarakan di Puskesmas Rembang I Jl.Raden Saleh No 3 Kecamatan Rembang, Minggu (15/10/2017).

Acara tersebut melibatkan 200 siswa-siswi Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Rembang, dan diikuti oleh seluruh karyawan Puskesmas Rembang I, 34 Kepala Desa Kelurahan se Kecamatan Rembang, serta lintas sektoral Kecamatan Rembang.

Turut hadir pula, Bupati Rembang H.Abdul Hafidz, Asisten 2 Sekda Rembang Abdullah Zawawi, dan Kadinkes Rembang dr. Ali Syofii beserta para jajarannya.

Tahun ini, Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke 10 mengusung tema “Our Hands, Our Feature (Tangan Kita Masa Depan Kita)”.

Bupati Rembang dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk memiliki gaya hidup  sehat, dengan menerapkan perilaku hidup bersih salah satunya dengan melakukan cuci tangan pakai sabun.

“kesehatan merupakan sebuah kebutuhan yang sangat fundamental bagi kita semua, untuk itu mari kita membiasakan diri untuk lebih sehat dengan cuci tangan pakai sabun, karena sehat dimulai dari diri kita sendiri”jelasnya.

“saya berharap dengan peringatan HCTPS ke 10 ini, anak-anak juga menjadi lebih peduli dengan kesehatan dirinya, selain Pemerintah peran masyarakat terutama orang tua juga sangat penting dalam mengingatkan dan menjaga kesehatan buah hatinya”imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Kadinkes Rembang dr. Ali Syofii menyampaikan penyakit yang ditimbulkan dari tangan yang penuh dengan kuman dan atau kotoran.

“perlu semuanya tahu bahwa ada beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh tangan ketika kita makan namun belum mencuci tangan kita pakai sabun, diantaranya influenza, salmonellosis, tifus, dan hepaititis A”jelasnya

Adapun cara cuci tangan yang harus dilakukan untuk meminimalisir kuman atau kotoran yang dapat menyebabkan penyakit tersebut. Diantaranya, membasuh kedua tangan dengan air, tuang sabun ke telapak tangan, gosok telapak tangan hingga berbusa, bilas tangan sampai bersih dari sisa sabun dan kotoran, kemudian keringkan pakai tisu atau handuk yang bersih.

 

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

%d blogger menyukai ini: