Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang dr. Ali Syofii beserta seluruh pejabat struktural menerima kunjungan kerja dari Komisi DPRD Komisi D Kabupaten Lamongan yang berjumlah 15 orang, pada Selasa pagi (02/03) di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Rembang.

Ali Makhfud Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lamongan menjelaskan maksud kunjungan kerjanya ini untuk mengetahui program unggulan atau inovasi apa saja yang telah di create oleh Dinas Kesehatan sebagai produk dalam menunjang capaian keberhasilan di bidang kesehatan Kabupaten Rembang.

Beberapa hal yang menjadi pertanyaan dan pembahasan dalam kunjungan kerja meliputi bagaimana memberikan stimulan kepada warga masyarakat untuk memeriksakan status HIV/AIDS di Puskesmas, berkaitan dengan penganggaran posyandu remaja, dan bagaimana mendorong serta landasan kebijakan terhadap tingkat kepatuhan para bidan desa dalam menangani persalinan yang berpusat di Puskesmas.

Dalam sambutannya dr. Ali Syofii menanggapi berbagai pertanyaan salah satunya mengenai stimulan pemeriksaan HIV/AIDS kepada masyarakat. Dimana dari pihak Dinas Kesehatan merangkul dari berbagai pihak seperti PKVHI (Persatuan Konselor VCT HIV Indonesia) cabang Rembang.

Selain itu masih banyak lagi organisasi yang diajak untuk bekerjasama disamping untuk memotivasi pada populasi kunci maupun dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai HIV/AIDS. Di sisi lain kita juga harus meminimalisir terhadap stigma negatif masyarakat terhadap ODHA (Orang Dengan HIV AIDS).

Karena masyarakat tidak boleh menjauhi ODHA melainkan menjauhi penyakitnya atau perilaku yang menyebabkan terinfeksi virus HIV yang ditularkan melalui hubungan seksual yang berisiko, penularan lewat jarum suntik, transfusi darah, dan penularan virus HIV melalui ASI. (HumasDinkesRbg)

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).