Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang melalui Bidang Kesehatan Masyarakat gencar melaksanakan penyuluhan tentang kesehatan remaja bagi pelajar di Rembang.

Kegiatan penyuluhan kesehatan ini merupakan program Usaha Kesehatan Sekolah, berlangsung pada Kamis pagi (03/08/2017) di MTS Al Mannar Desa Menoro Kecamatan Kragan. Secara bergilir dan bertahap Tim pelaksana program UKS Dinkes Rembang telah melaksanakan penyuluhan kesehatan remaja pada empat Sekolah SMP/Sederajat, dan masih banyak sekolahan lain yang akan diberikan penyuluhan.

Tujuan kegiatan penyuluhan kesehatan bagi remaja adalah melakukan pembinaan dan memberikan pemahaman bagi pelajar tentang membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan rumahnya, serta penguatan mental guna menangkal bahaya pengaruh Narkotika, Psikotropika, Zat Adiktif (Napza), dan bahaya pengaruh pornografi.

Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai Narasumber Kabid Kesmas, dr. Nurani Her Utami, Kasie Promkes dan Pemberdayaan Sarwoko Mugiono, SKM beserta Pelaksana Program , diikuti Kepala Sekolah Al-Mannar, Petugas Promkes Puskesmas, para pelajar kelas 1,2, dan 3.

Dalam kegiatan masing-masing narasumber dari Dinkes Rembang menyampaikan materi yang berbeda-beda diantaranya Kabid Kesmas dr. Nurani Her Utami menjelaskan terkait kesehatan reproduksi remaja (HIV/AIDS,IMS), Kasie Promkes dan Pemberdayaan Sarwoko Mugiono,SKM menyampaikan materi tentang bahaya Napza bagi kesehatan, dan Pelaksana Program Kesehatan Remaja Rina Hendriastuti menyampaikan masalah UKS, Gaul sehat, dan Gizi seimbang bagi remaja.

Menurut WHO, Remaja memulai masa transisi dari anak-anak ke masa dewasa berkisar pada usia 10 tahun s.d 19 tahun. Dimana rasa keingin tahuannya sangat besar terhadap sesuatu hal, jika mendapatkan informasi kesehatan yang salah, maka akan berakibat buruk terhadap kesehatan dirinya. Sehingga sangat penting untuk dilakukan peningkatan edukasi masalah kesehatan bagi remaja.

Sementara itu, di sela-sela kegiatan penyuluhan, para pelajar serta para guru diajak senam peregangan selama kurang lebih 10 menit guna membiasakan beraktifitas fisik supaya tetap bugar dan produktif pada saat penyuluhan maupun kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Harapannya bagi seluruh remaja yang ada di Kabupaten Rembang, agar menjaga kesehatan dirinya dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), ketika dibullying oleh teman-teman di sekolah segera menemui guru, dan ketika ada permasalahan yang dihadapi sebaiknya bicarakanlah isi hati (curhat) kepada orang tua.

#SeksiePromkes_dan_Pemberdayaan_DinkesRbg

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

%d blogger menyukai ini: