Kabupaten Rembang selain mempunyai julukan sebagai Kota Garam, terdapat salah satu julukan yaitu sebagai Sentra Buah Kawista. Karena terdapat buah kawista yang melimpah, dan rasa buahnya mirip dengan Cola.
Biasanya banyak wisatawan dari luar kota, mampir ke Rembang untuk membeli oleh-oleh khas Rembang yakni Sirup Kawista, Sementara disisi lain masih banyak masyarakat Rembang belum mengetahui olahan yang berbahan dasar Buah Kawista.
Menyikapi hal tersebut Dinas Pertanian dan Pangan Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Rembang menggelar Festival Olahan Pangan dan Minuman Kawista yang bertempat di Pendopo Museum R.A Kartini Rembang, pada Jum’at pagi (18/08/2017).
Menurut keterangan dari salah satu panitia penyelenggara Sri Prabandari (Dintanpan), dengan adanya festival ini selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72 juga digunakan untuk mengenalkan kepada masyarakat masif.


“karena Rembang Sentra Kawista, dalam mensosialisasikan ke masyarakat bahwa kawis itu tidak hanya digunakan untuk sirup saja, tapi bisa beranekaragam olahan yang dapat disajikan, seperti makanan kering, makanan basah, berbagai macam minuman (puding, dawet, ada kolak dan berbagai olahan lainnya) tidak hanya sirup saja”terangnya.
Sementara itu, turut hadir Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Rembang Ibu Hj. Hasiroh Hafidz dan Ibu Vivit Andriyanto, terlihat sedang menyajikan dumbek makanan khas Rembang. Disamping itu, Host Puty Nurul Fatimah beserta Crew Kameramen dari stasiun TV Trans 7 melakukan pengambilan untuk ditayangkan dalam acara “Selamat Pagi”. Nonton ya…
Selesai menyajikan dumbek beliau berdua berkeliling melihat dan sesekali mencicipi olahan makanan dan minuman yang disajikan oleh para peserta.
Dalam festival tersebut sebanyak 60 peserta yang terdiri dari Tim penggerak PKK Kabupaten maupun Kecamatan, Darma Wanita Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Rembang, serta Kelompok Wanita Tani ikut unjuk kebolehan dalam menyajikan makanan dan minuman berbahan dasar buah kawista.
#HumasDinkesRbg
#RembangSentraBuahKawista

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

%d blogger menyukai ini: