Apel Pagi Hari Senin Tanggal 14 Januari 2025 dimanfaatkan sebagai media informasi bagi Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang. Dipimpin oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, drg. Dini Nuraida mensosialisasikan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Perkantoran sebagai upaya menciptakan Perkantoran sehat dan juga sebagai tindak lanjut untuk mensukseskan penilaian Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Rembang tahun 2025. Beliau Menyampakain bebrapa materi atau informasi terkait K3 Perkantoran seperti :
• Perkantoran memiliki potensi bahaya dan risiko terjadinya kecelakaan, penyakit umum pada pekerja dan penyakit akibat kerja seperti gangguan otot rangka.
• K3 Perkantoran adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan karyawan melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja di kantor.
• Dasar hukum penerapan K3 perkantoran : Permenkes No 48 Tahun 2016 tentang Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja Perkantoran
• Lingkup standar K3 perkantoran: manajemen, keselamatan kerja, kesehatan kerja, ergonomi dan Lingkungan kerja
• Manajemen K3 : sudah terbentuk Tim K3 Dinkes yang tertuang dalam SK Kepala Dinas Kesehatan yang dalam hal ini Sekretaris Dinas Kesehatan selaku Ketua Tim K3.
Keselamatan kerja :
• Apar
• Tangga dan Pintu Darurat
• Proteksi kebakaran
• Mekanik dan elektronik
• Lalu lintas kendaraan dan keamanan.
Kesehatan kerja :
• Peningkatan kesehatan pekerja
• Pencegahan penyakit dengan posbindu, senam setiap Jumat, peregangan dan pengukuran kebugaran jasmani.
• Penanganan penyakit
• Fasilitas kesehatan
• Ruang ASI.
– Ergonomi : luas area kerja, pengaturan jarak meja kerja yg cukup, jenis kursi kerja, penerapan kaidah 5R ( Ringkas,Rapi,Resik,Rawat dan Rajin ), penggunaan troli barang.
– Lingkungan Kerja : Pengelolaan lingkungan kerja, Tempat sampah dan kantin serta Toilet.
– Manfaat penyelenggaraan K3 perkantoran : kantor dapat menjadi tempat kerja yang selamat, sehingga pekerja sehat dan produktivitas meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *