Bimtek Bidan Untuk Tingkatkan Pelayanan ANC Terpadu

Pemeriksaan Antenatal Terpadu merupakan pemeriksaan yang dilakukan kepada seluruh ibu hamil yang memerlukan intervensi selama kehamilan.

Sebagai penyedia layanan kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas harus melaksanakan pemeriksaan Antenatal Terpadu dengan program lain kepada ibu hamil sebagai upaya mendukung penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Rembang.

Dengan pelayanan ANC terpadu dengan program lain untuk mendukung pelayanan ANC lebih berkualitas dengan melengkapi pemeriksaan kehamilan oleh dokter umum, pemeriksaan gigi, pemeriksaan laboratorium, dan konseling.

“Kabid Kesmas dr. Nurani Her Utami didampingi pelaksana tugas Seksie Kesga dan Gizi melakukan pengarahan kepada tenaga kesehatan”

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Rembang melakukan Bimbingan Teknis terkait pelayanan Antenatal Care (ANC) terpadu di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Rembang, Selasa (23/01/2018).

Kabid Kesmas dr. Nurani Her Utami saat melaksanakan bimtek di Puskesmas Rembang 1 menekankan kepada tenaga kesehatan khususnya bidan supaya tetap menjaga kualitas pelayanan antenatal care terpadu dan koordinasi lintas program lebih ditingkatkan lagi.

“Bimtek bidan di Puskesmas Sedan yang dilakukan oleh Kasie Kesga dan Gizi Bintarti”

“saya berharap seluruh tenaga kesehatan terutama bidan supaya tetap menjaga kualitas dan meningkatkan pelayanan antenatal care di Puskesmas masing-masing. Disamping itu koordinasi lintas program pun harus lebih ditingkatkan lagi. Sehingga dapat mengitervensi kondisi kesehatan ibu hamil di Kabupaten Rembang”terang dr. Nurani Her Utami.

Selain itu disampaikan pula adanya kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang bersama dengan Kementerian Agama Kabupaten Rembang supaya Puskesmas dapat memberikan edukasi dari sisi kesehatan dan pemeriksaan pranikah kepada calon pengantin (catin) guna mempersiapkan kehamilan yang sehat, sehingga dapat menekan angka kesakitan dan kematian ibu di Kabupaten Rembang.

(HumasDinkesRembang)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *