1. Deskripsi Layanan
Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Rembang (SIMPUS Rembang) merupakan sistem informasi yang dibangun untuk keperluan pelayanan di Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang. Sistem ini sudah mulai dibangun pada tahun 2014 dengan berbasis desktop dan mulai tahun 2021 berbasis WEB dengan menggandeng Dinas KOMINFO Rembang dari sisi sistem jaringan serta tambahan Virtual Private Server dapat diakses melalui https://simkes.rembangkab.go.id/simpusweb/
Klik Gambar untuk melihat dashboard SIMPUS
2. Ruang Lingkup Layanan
Ruang lingkup layanan SIMPUS Rembang merupakan lingkup pelayanan publik administratif yaitu berupa pencatatan data rekam medis pengunjung puskesmas, pengajuan rujukan ke fasilitas pelayanan tingkat lanjut, pengiriman data kunjungan ke server BPJS, dan percepatan pelaporan baik untuk puskesmas sendiri, Dinas Kesehatan, dan masyarakat.
3. Jenis Layanan
Berikut jenis layanan yang tersedia pada SIMPUS Rembang
a. Layanan Antrian Loket Mandiri Pendaftaran
Pada layanan antrian loket pendaftaran, fasilitas yang ada pada SIMPUS Rembang adalah menu untuk pengambilan nomor antrian bisa menggunakan metode sederhana dengan cara menekan tombol “Belum” kemudian keluar nomor antrian, juga bisa dengan metode langsung masukkan nomor KTP/KIS/Rekam medis (bagi yang sudah pernah berkunjung sebelumnya) atau dengan scan kartu BPJS bagi puskesmas yg sudah menyediakan barcode scanner maka pengunjung langsung dapat antri di Poli yang dituju.
b. Layanan Antrian Poli
Pada layanan antrian poli, pengunjung dapat langsung mengantri tanpa antri di loket pendaftaran terlebih dahulu. Bisa dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN milik BPJS Kesehatan dan Rembang Gemilang dimana kedua aplikasi tersebut sudah bridging dengan SIMPUS Rembang.
c. Layanan Verifikasi KYC SATUSEHAT Mobile
Pengunjung dapat melakukan verifikasi profil di SATUSEHAT Mobile pada fasilitas pelayanan kesehatan pengguna SIMKES Rembang untuk dapat mengakses data rekam medis yang telah dikirim ke platform SATUSEHAT.
d. Layanan Pencatatan Rawat Jalan
Pada layanan pencatatan rawat jalan di SIMPUS Rembang mulai dari pencatatan diagnosa, tindakan, permintaan pemeriksaan laboratorium, pemberian rujukan dan pengiriman data ke BPJS Kesehatan.
e. Layanan Pencatatan Rawat Inap, PONED dan IGD
Pada layanan pencatatan Rawat Inap, PONED dan IGD di SIMPUS Rembang mulai dari pencatatan jumlah kamar, bor kamar, biaya, diagnosa, tindakan, pemberian rujukan dan pengiriman data ke BPJS Kesehatan.
f. Layanan Pencatatan Hasil Pemeriksaan Laboratorium
Pada layanan pencatatan hasil pemeriksaan laboratorium di SIMPUS Rembang mulai dari pencatatan jenis item pemeriksaan laboratorium, tarif hingga referensi hasil pemeriksaan laboratorium.
g. Layanan Pencatatan Farmasi baik Puskesmas maupun Gudang Farmasi
Pada layanan Pencatatan Farmasi baik Puskesmas maupun Gudang Farmasi meliputi pencatatan pemberian obat untuk pasien, stok obat, hingga pencatatan mutasi obat.
h. Layanan Pelaporan ke Dinas Kesehatan
Untuk layanan pelaporan di bedakan dengan menu utama SIMPUS Rembang, dapat diakses melalui https://simkes.rembangkab.go.id/satudata/. Sistem pelaporan dibangun menggunakan framework Jasper Report TIBCO.
4. Fungsi Utama Layanan
Fungsi utama layanan SIMPUS Rembang adalah pencatatan rekam medis pengunjung puskesmas baik pada layanan rawat jalan, rawat inap, IGD, PONED, hasil pemeriksaan laboratorium hingga pengiriman data ke BPJS Kesehatan.
5. Sasaran Layanan
Sasaran pelayanan SIMPUS Rembang adalah masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mulai dari pelayanan umum, KIA, Imunisasi, Konseling, pemeriksaan laboratorium, pemberian obat hingga pelayanan Instalasi Gawat Darurat, rawat inap dan PONED.
6. Penanggungjawab Layanan
Penanggungjawab Layanan SIMPUS Rembang adalah kepala bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang ibu Soesi Haryanti, S.Si., Apt., M. H.
7. Kategori Sistem Elektronik
SIMPUS Rembang merupakan Sistem elektronik lingkup publik.