Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Meng-orientasi 85 Sekolah/Madrasah yang ditunjuk Tim Pembina UKS Kabupaten Rembang Sebagai Model Sekolah/Madrasah Sehat Tahun 2022

Kegiatan Orientasi 85 model sekolah/madrasah sehat dengan peserta Kepala sekolah/madrasah dan Pemegang program UKS Puskesmas se-Kabupaten Rembang yang dilaksanakan hari Selasa (12/7/2022). Kegiatan Orientasi dilaksanakan di Rumah Makan Teras Kota yang dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang dan 5 Narasumber dari berbagai program (Gizi anak sekolah, Kesehatan lingkungan sekolah, Kesehatan olahraga anak sekolah, pelayanan Kesehatan anak sekolah maupun program UKS)

Kegiatan orientasi ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi TP UKS Kabupaten (31/3/2022) di Rumah Makan Citra Resto dan pertemuan koordinasi TP UKS Kecamatan (6/7/2022) di Rumah Makan Teras Kota.

Sambutan sekaligus membuka acara disampaikan oleh Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang. “Anak-anak merupakan penerus bangsa, bukan hanya Pendidikan saja yang anak-anak butuhkan akan tetapi juga Kesehatan, upaya guru untuk menjaga Kesehatan anak sekolah yaitu dengan menerapkan trias UKS, jadi UKS itu tidak milik orang Kesehatan akan tetapi milik kita Bersama” ujar Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang.

Setelah sambutan dari Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, dilanjut dengan paparan materi oleh 5 narasumber dari lintas program, dimana inti dari kelima materi tersebut adalah kegiatan wajib (trias UKS) yang perlu dilakukan oleh 85 model sekolah/madrasah sehat  dan pengetahuan tentang gizi anak sekolah, pembinaan lingkungan sehat dan pelayanan Kesehatan anak sekolah.

Tindak lanjut dari kegiatan orientasi tersebut adalah kesepakatan Bersama dengan bapak/ibu Kepala Sekolah terkait pelaksanaan kegiatan wajib (Trias UKS) di sekolah masing-masing dan pelaporan setiap bulannya. Tujuan akhir dari pelaksanaan sekolah/madrasah sehat adalah mendukung percepatan Kabupaten Sehat Tahun 2023 khususnya di Tatanan Pendidikan Sehat. (Luth/PKPK/Kesmas/Dinkes)



Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: