Dinkes Rembang Sosialisasikan Persiapan Klinik Layanan Konseling UBM di Puskesmas

Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang melakukan sosialisasi persiapan klinik Layanan Konseling UBM (Upaya Berhenti Merokok) di Labkesda pada tanggal 13 September 2022 yang dihadiri oleh pengelola program UBM dari 17 Puskesmas di wilayah Kabupaten Rembang serta 8 programmer P2PTM Keswa.

Sosialisasi disampaikan oleh 3 narasumber yaitu Ibu Rini Kusumasari, S.KM. dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr. Teguh Panca Y.M., M.H. dan dr. M.Rehulina, M.Kes (Epid) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas konselor UBM  sebagai pemberi layanan di Klinik Layanan Konseling UBM.

Berhenti Merokok bukan merupakan hal yang mudah dilakukan oleh perokok karena menimbulkan gejala putus nikotin seperti perubahan emosi. Beberapa perokok dapat melalui gejala tersebut, tetapi perokok yang tidak dapat mengendalikan gejala tersebut akan kembali merokok.

Klinik Layanan Konseling UBM merupakan layanan untuk membantu masyarakat yang ingin berhenti merokok dan mengatasi gejala-gejala yang diakibatkan dari putus nikotin. Upaya berhenti merokok perlu dilakukan pendampingan dan bantuan dari tenaga kesehatan untuk membantu perokok yang kesulitan dalam berhenti merokok supaya tidak kembali merokok.

Klinik Layanan Konseling UBM perlu disediakan di FKTP yang menjadi pusat dari pelaksanaan program promotif dan preventif untuk menurunkan prevalensi perokok. Layanan yang diberikan meliputi skrining merokok, pemeriksaan, edukasi konseling, terapi, dan rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut.

Dengan tersedianya dan terlaksananya Klinik Layanan Konseling UBM diharapkan dapat menurunkan prevalensi perokok yang merupakan salah satu langkah Germas yaitu “Tidak Merokok” sehingga dapat memberikan dampak penurunan prevalensi terhadap penyakit tidak menular di Kabupaten Rembang.



Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: