PELATIHAN APAR GUNA PENINGKATAN KAPASITAS NAKES DALAM PENCEGAHAN KEBAKARAN

Gunem,– Pelatihan APAR (Alat Pemadam Ringan) oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Rembang yang dilaksanakan di UPT Puskesmas Gunem, Senin (31/10/2022).

Kepala UPT Puskesmas Gunem dr. Hermin Yanuar Rakhmawati menyampaikan, “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh karyawan Puskesmas Gunem terkait penanggulangan kebakaran serta meningkatkan keterampilan dalam penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).”

Narasumber dari BPBD Bidang Pemadam Kebakaran, Teguh Wiwoho, menyampaikan materi mengenai penanggulangan apabila terjadi kebakaran di puskesmas, mulai dari upaya pemadaman api hingga penyelamatan pasien. Ciri kondisi APAR yang siap untuk dipakai, cara penggunaan dan perawatan APAR yang benar.

“Kunci utama dari penanggulangan kebakaran adalah tetap tenang dan tidak usah panik, fokus pada pemadaman api dan memperhatikan kondisi sekitar.”, tutur Teguh Wiwoho.

Setelah presentasi materi selesai, dilanjutkan dengan simulasi pemadaman kebakaran di halaman UPT Puskesmas Gunem. Kegiatan praktek terbagi menjadi dua bagian utama yaitu pemadaman menggunakan peralatan tradisional (selimut basah) dan pemadaman menggunakan APAR.

Simulasi dilakukan sesuai langkah-langkah yang telah disampaikan selama materi. Semua karyawan ikut andil dalam simulasi yang diharapkan dapat diterapkan apabila terjadi kebakaran.



Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: