1. Deskripsi Layanan

Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Rembang (SIMPUS Rembang) merupakan sistem informasi yang dibangun untuk keperluan pelayanan di Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang. Sistem ini sudah mulai dibangun pada tahun 2014 dengan berbasis desktop dan mulai tahun 2021 berbasis WEB dengan menggandeng Dinas KOMINFO Rembang dari sisi sistem jaringan serta tambahan Virtual Private Server dapat diakses melalui https://simkes.rembangkab.go.id/simpusweb/

Klik Gambar untuk melihat dashboard SIMPUS

2. Ruang Lingkup Layanan

Ruang lingkup layanan SIMPUS Rembang merupakan lingkup pelayanan publik administratif yaitu berupa pencatatan data rekam medis pengunjung puskesmas, pengajuan rujukan ke fasilitas pelayanan tingkat lanjut, pengiriman data kunjungan ke server BPJS, dan percepatan pelaporan baik untuk puskesmas sendiri, Dinas Kesehatan, dan masyarakat.

3. Jenis Layanan

Berikut jenis layanan yang tersedia pada SIMPUS Rembang

a. Layanan Antrian Loket Mandiri Pendaftaran

Pada layanan antrian loket pendaftaran, fasilitas yang ada pada SIMPUS Rembang adalah menu untuk pengambilan nomor antrian bisa menggunakan metode  sederhana dengan cara menekan tombol “Belum” kemudian keluar nomor antrian, juga bisa dengan metode langsung masukkan nomor KTP/KIS/Rekam medis (bagi yang sudah pernah berkunjung sebelumnya) atau dengan scan kartu BPJS bagi puskesmas yg sudah menyediakan barcode scanner maka pengunjung langsung dapat antri di Poli yang dituju.

b. Layanan Antrian Poli

Pada layanan antrian poli, pengunjung dapat langsung mengantri tanpa antri di loket pendaftaran terlebih dahulu. Bisa dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN milik BPJS Kesehatan dan Rembang Gemilang dimana kedua aplikasi tersebut sudah bridging dengan SIMPUS Rembang.

c. Layanan Verifikasi KYC SATUSEHAT Mobile

Pengunjung dapat melakukan verifikasi profil di SATUSEHAT Mobile  pada fasilitas pelayanan kesehatan pengguna SIMKES Rembang untuk dapat mengakses data rekam medis yang telah dikirim ke platform SATUSEHAT.

d. Layanan Pencatatan Rawat Jalan

Pada layanan pencatatan rawat jalan di SIMPUS Rembang mulai dari pencatatan diagnosa, tindakan, permintaan pemeriksaan laboratorium, pemberian rujukan dan pengiriman data ke BPJS Kesehatan.

e. Layanan Pencatatan Rawat Inap, PONED dan IGD

Pada layanan pencatatan Rawat Inap, PONED dan IGD di SIMPUS Rembang mulai dari pencatatan jumlah kamar, bor kamar, biaya, diagnosa, tindakan, pemberian rujukan dan pengiriman data ke BPJS Kesehatan.

f. Layanan Pencatatan Hasil Pemeriksaan Laboratorium

Pada layanan pencatatan hasil pemeriksaan laboratorium di SIMPUS Rembang mulai dari pencatatan jenis item pemeriksaan laboratorium, tarif hingga referensi hasil pemeriksaan laboratorium.

g. Layanan Pencatatan Farmasi baik Puskesmas maupun Gudang Farmasi

Pada layanan Pencatatan Farmasi baik Puskesmas maupun Gudang Farmasi meliputi pencatatan pemberian obat untuk pasien, stok obat, hingga pencatatan mutasi obat.

h. Layanan Pelaporan ke Dinas Kesehatan

Untuk layanan pelaporan di bedakan dengan menu utama SIMPUS Rembang, dapat diakses melalui https://simkes.rembangkab.go.id/satudata/. Sistem pelaporan dibangun menggunakan framework Jasper Report TIBCO.

4. Fungsi Utama Layanan

Fungsi utama layanan SIMPUS Rembang adalah pencatatan rekam medis pengunjung puskesmas baik pada layanan rawat jalan, rawat inap, IGD, PONED,  hasil pemeriksaan laboratorium hingga pengiriman data ke BPJS Kesehatan.

5. Sasaran Layanan

Sasaran pelayanan SIMPUS Rembang adalah masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mulai dari pelayanan umum, KIA, Imunisasi, Konseling, pemeriksaan laboratorium, pemberian obat hingga pelayanan Instalasi Gawat Darurat, rawat inap dan PONED.

6. Penanggungjawab Layanan

Penanggungjawab Layanan SIMPUS Rembang adalah kepala bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang ibu Soesi Haryanti, S.Si., Apt., M. H.

7. Kategori Sistem Elektronik

SIMPUS Rembang merupakan Sistem elektronik lingkup publik.