Pengetahuan akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) tersebut perlu adanya sosialisasi sejak dini. Karena akan lebih efektif supaya ketika dewasa pola konsumsi pangannya menjadi lebih beragam, bergizi, seimbang , dan aman. Salah satu sasaran yang potensial adalah para siswa sekolah dasar.

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang melalui Seksie Kesehatan Keluarga dan Gizi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Konsumsi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman di delapan sekolah dasar (SD) di Kabupaten Rembang.

Dilakukannya sosialisasi B2SA mempunyai tujuan untuk memberikan edukasi kepada para siswa-siswi supaya mereka tahu pola konsumsi B2SA dan mengajak mereka untuk mengkonsumsi pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman sejak dini dalam jumlah dan komposisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam mendukung hidup sehat, aktif dan produktif.

Pelaksanaan sosialisasi B2SA yang berlangsung pada selasa pagi (03/10/2017) di SD Sendangmulyo Kecamatan Bulu ini berlangsung lancar dan khidmat. Diikuti oleh para siswa-siswi yang didampingi oleh guru kelas dan beberapa pemilik kantin di sekolah tersebut.

Adapun tiga narasumber yang menyampaikan materi yaitu dr.Nurani Her Utami (Kabid Kesmas), Bintarti (Kasie Kesga dan Gizi), dan Imam Subekti (Pelaksana Program Gizi). Materi yang disampaikan tentang perilaku PHBS di Sekolah, Kebersihan diri, penyakit yang biasa terjadi pada anak seperti diare, DBD, dan kecacingan, serta kualitas pangan yang beragam dan memenuhi gizi yang seimbang.

Kemudian dilanjutkan oleh dr.Nurani Her Utami dengan memberikan materi masalah memelihara kebersihan diri yang meliputi seluruh anggota tubuh, termasuk gigi, rambut, serta pakaian yang digunakan.

Sedangkan Bintarti menjelaskan materi mengenai beberapa penyakit yang disebabkan oleh pangan atau makanan yang tidak sehat, diantaranya diare dan kecacingan.

Lebih lanjut Imam Subekti menjelaskan pemilihan makanan yang beragam dan bergizi seimbang harus mencakup sumber karbohidrat (nasi, jagung, gandum, singkong, ketela, dan kentang), protein (daging, telur, ikan, tahu, tempe, dan susu) , vitamin, buah dan sayur serta aman untuk dikonsumsi atau disajikan dalam keluarga maupun di lingkungan sekolah.

Pada sesi akhir Kepala Sekolah SD Sendangmulyo Sukardji mengatakan kegiatan sosialisasi B2SA ini sangat bermanfaat bagi warga yang ada dilingkungan sekolah, karena dapat menambah pengetahuan dalam memilih pangan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi dan disajikan oleh pemilik kantin sekolah.

Penyampaian materi dilakukan dengan menggunakan metode asyik dan menyenangkan, sehingga para Guru dan siswa-siswi maupun warga dilingkungan sekolah yang hadir tidak jenuh saat menyimak materi yang disampaikan. Kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama yang telah dibuat oleh tim dengan menu makanan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

%d blogger menyukai ini: