Sebagai upaya untuk mengembangkan desa dan keluarahan siaga aktif, diperlukan adanya orientasi bagi aparatur desa dan kelurahan beserta pihak-pihak lain dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di desa dan kelurahan.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang melalui Seksie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Kesehatan (PKPK) melangsungkan pertemuan orientasi anggota pokjanal desa siaga aktif tingkat kecamatan Pancur pada Selasa pagi (19-20/03) di Gedung KPRI Pancur.

Dengan adanya Orientasi anggota pokjanal ini dimaksudkan untuk memfasilitasi masyarakat supaya tahu, mau, dan mampu dalam melakukan upaya deteksi dini faktor risiko masalah kesehatan dan tersusun rencana kerja Pokjanal Desa Siaga Aktif tingkat kecamatan.

Desa atau kelurahan siaga aktif memiliki komponen yang meliputi pelayanan kesehatan dasar, pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) dan mendorong upaya surveilans berbasis masyarakat, kedaruratan kesehatan dan penanggulangan bencana serta penyehatan lingkungan, dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Diharapkan komitmen anggota pokjanal dan kerjasama antar pemangku kepentingan untuk lebih meningkatkan peran masing-masing dalam mengembangkan desa siaga aktif.

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

%d blogger menyukai ini: