Pentingnya Penerapan PHBS Untuk Cegah Berbagai Penyakit

Dinas Kesehatan Rembang melalui bidang kesmas melaksanakan penyuluhan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di berbagai sekolah dasar yang ada di Kabupaten Rembang. Penyuluhan UKS menyasar pada siswa-siswi sekolah dasar beserta para guru yang ada di sekolah.

Pada Kamis pagi (28/03) penyuluhan UKS berlangsung di SD N Pedak kecamatan Sulang. Kepala Sekolah Dasar Pedak Japarin menyampaikan kepada para siswa siswi agar memperhatikan dan menangkap maksud materi-materi yang dipaparkan oleh Tim dari Dinas Kesehatan.

Kepala Bidang Kesmas dr. Nurarni Her Utami dalam paparannya menyampaikan beberapa penyakit pada anak yang meliputi diare, tifus, kecacingan, demam berdarah, penyakit gondongan (parotitis), dan belekan (konjungtivis).

“dalam penyuluhan ini kami memaparkan berbagai jenis penyakit yang sering menyerang pada anak usia sekolah dasar, selain itu, kami juga mengedukasi agar dapat berperilaku hidup bersih dan sehat baik di sekolah. Karena dengan berperilaku hidup bersih dan sehat bisa menjadi salah satu upaya pencegahan terhadap penyakit-penyakit tersebut”jelas dr. Nurani saat .

Sementara itu, pelaksana program promkes Isko Dariyah menyampaikan materi berkaitan dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah. Sehingga dapat terwujud yang sekolah sehat dan para guru maupun siswa siswi dapat belajar dengan penuh semangat.

“penerapan phbs di sekolah dapat berupa aktivitas sehat seperti mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah makan, mengkonsumsi jajanan sehat yang ada di kantin, menggunakan jamban bersih dan sehat, tidak merokok dilingkungan sekolah, olahraga yang teratur, membuang sampaah pada tempatnya, memberantas jentik nyamuk, melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah agar tercipta lingkungan sekolah yang bersih dan sehat”ungkap Isko. (HumasDinkesRbg)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *