Kamis 04/12/2018, Tim gabungan dari Seksie Surveilans, Karantina Kesehatan, dan Imunisasi beserta Seksie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Bidang P2P (Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) Dinkes Rembang melakukan penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD) di dukuh Sumberejo RT 01 / RW 02 Desa Sambiroto Kecamatan Sedan.

Tim didampingi oleh petugas P2 dari Puskesmas setempat dan para kader jumantik untuk melakukan penyuluhan, penaburan bubuk larvasidasi dan fogging focus. Hal ini dilakukan sehubungan dengan adanya penemuan kasus DBD di desa tersebut.

“Petugas P2 Puskesmas beserta para kader jumantik sedang berdiskusi untuk melakukan penyuluhan”

Kegiatan tersebut dilakukan setelah sebelumnya Puskesmas melakukan penyelidikan epidemiologi (mendapatkan gambaran klinis dari suatu penyakit) dengan hasil ditemukan adanya penularan kasus DBD. Dari 50 rumah yang dipantau 31 diantaranya ditemukan jentik nyamuk Aedes aegypti atau dengan Angka bebas jentik/ABJ hanya 38%.

Diharapkan dari pihak pemerintah desa segera menggerakkan masyarakatnya untuk melakukan pemberantasan nyamuk secara serentak. Sehingga dapat memutus rantai hidup nyamuk penular DBD.

Yang lebih penting adalah selalu melakukan PSN dengan 3 M plus yaitu Menutup, Menguras tempat penampungan air, Mungubur barang bekas plus Memantau jentik di rumah secara rutin seminggu sekali sehingga rumah terbebas dari nyamuk penular DBD. Sedangkan kalau untuk fogging dinilai kurang efektif, karena hanya dapat membunuh nyamuk dewasa saja.

(HumasDinkesRembang)

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

%d blogger menyukai ini: