Siaran Keliling Puskesmas Bulu, Waspada DBD dengan tingkatkan Gebug (Gerakan berantas uget-uget)

Beberapa wilayah tanah air sudah memasuki musim penghujan, namun tahukah sobat sehat kita juga harus bersiap menghadapi berbagai penyakit yang bisa muncul saat musim hujan, salah satunya adalah Demam Berdarah.

Demam Berdarah sendiri adalah penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes aegypty, gejala awal penyakit ini adalah demam tinggi, bintik merah pada kulit, nyeri sendi atau otot, sakit perut, diare dan muntah.

Pertolongan pertama jika mengalami gejala tersebut adalah dengan minum air putih sebanyak mungkin, minum obat penurun demam dan mengompres dengan air dingin.

Jika dalam 3 hari demam tidak turun segera kedokter.

Pencegahan penularan yang dapat dilakukan adalah salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan gerakan berantas uget- uget (Gebug), yang minimal dilakukan seminggu sekali dengan cara menguras bak penampungan air yang ada dilingkungan rumah atau bisa juga dengan ikanisasi yaitu pemberian ikan pemakan jentik kedalam bak mandi dan pemberian abate, tak lupa juga tetap menerapkan 3M plus, menutup tempat penampungan air (Bak, Drum, dll). Mengubur barang bekas yang berpotensi menampung air hujan dan plusnya adalah dengan gunakan pembasmi nyamuk dirumah (lotion nyamuk, spray anti serangga) serta melakukan fogging (pengasapan) lingkungan rumah.

Yuk sobat sehat tetap jaga kebersihan lingkungan, lindungi kluargamu mulai dari lingkup terkecil. (cnd/pusk/bulu)



Tinggalkan Balasan