Pada Rabu pagi (04/04) telah berlangsung Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Institusi Pendidikan Melalui Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Kegiatan Kampanye Germas diselenggarakan di Hotel Gajah Mada dengan tujuan untuk penandatanganan komitmen oleh Guru UKS di Sekolah untuk mengimplementasikan Germas melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Dalam acara kampanye dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari Guru UKS SMP/MTS sederajat dan SMA/MA/SMK serta Kader Kesehatan Remaja/Ketua SMP/MTs sederajat dan SMA/MA/SMK sederajat.

Materi yang disampaikan diantaranya Pelaksanaan Germas di Provinsi Jawa Tengah, Implementasi Germas di Institusi Pendidikan dan Pemberdayaan Sekolah melalui UKS.

Pada Acara Kampanye Germas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang mengatakan bahwa penekanan Germas menitikberatkan pada upaya untuk membudayakan pola hidup sehat guna menekan jumlah penderita penyakit katastropik (penyakit tidak menular) di Kabupaten Rembang. Sehingga pelaksanaan Germas harus dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak termasuk pada institusi pendidikan.

“program Germas ini merupakan suatu kegiatan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup, oleh sebab itu dalam mendukung dan menggalakkan Germas kita melibatkan berbagai pihak termasuk di institusi pendidikan”jelasnya.

Lebih lanjut beliau berharap “dengan terlaksananya kampanye Germas ini harapan kami kepada para Guru maupun siswa melalui program UKS dapat membudayakan pola hidup sehat sejak dini dan mengenal apa itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Sehingga dapat terwujud generasi yang sehat dan dapat menekan jumlah penderita penyakit katastropik di Kabupaten Rembang”ungkapnya.

Sementara itu, di Kabupaten Rembang mempunyai fokus kegiatan Germas dengan MAKCES, yang meliputi Memberi ASI eksklusif pada bayi 0-6 bulan, Aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, Konsumsi buah dan sayur setiap hari, Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Stop buang air besar sembarangan (BABS).

“Pembacaan Komitmen untuk menggalakkan Germas di lingkungan sekolah melalui program UKS oleh perwakilan Guru yang menjadi peserta dalam Kampanye Germas”

Acara kampanye Germas di Institusi pendidikan diakhiri dengan pembacaan komitmen oleh perwakilan Guru dari  salah satu sekolah yang ada di Rembang, untuk mengimplementasikan program Germas melalui UKS yang ada di sekolah.(HumasDinkesRbg)

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

%d blogger menyukai ini: