Puskesmas Sarang I : Sinergikan Lintas Sektor Untuk Dukung Pelaksanaan STBM

5 Pilar STBM

Dalam rangka mendukung pelaksanaan lima pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di wilayah kerja puskesmas sarang I guna menciptakan lingkungan yang bersih dan saniter, Puskesmas Sarang I melaksanakan Sosialisasi lima pilar STBM kepada tim stbm di tingkat desa.

Kegiatan sosialisasi berlangsung hari ini (26/03) di Aula Puskesmas Sarang I bersama tim stbm ditingkat desa yang terdiri dari kepala desa, kader kesehatan, dan tim pkk kecamatan sarang. Kegiatan sosialisasi dibuka langsung oleh Kepala Puskesmas Sarang I, dengan Narasumber dari Tim Sanitarian Puskesmas dan Tim Sanitarian dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang.

Berlangsungnya kegiatan sosialisasi Kepala Puskesmas Sarang I memberikan beberapa gambaran berkaitan dengan pentingnya sebuah kerjasama sebuah tim (team work) yang solid sebagai penunjang keberlangsungan program STBM.

“saya kira kita harus melibatkan banyak pihak, semua kita undang dan kita sampaikan seluruh materi-materi serta strategi bagaimana dalam mendukung pelaksanaan program STBM ini. Jadi tidak hanya satu komponen saja yang kita libatkan, melainkan seluruh komponen kita libatkan supaya membentuk sebuah tim yang kuat dan solid”ujar dr. Ahmad Fuadi.

Sementara itu, Anisa Wulandari, SKM selaku fasilitator STBM dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang memaparkan seputar perkembangan lima pilar stbm di Kabupaten Rembang dan berbagai pendekatan serta pemicuan yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk mendorong perubahan perilaku hygiene dan sanitasi individu maupun masyarakat.

Dalam sosialisasi tersebut petugas Sanitarian Puskesmas Sarang I Sri Lestari, SKM dalam paparannya menjelaskan kelima pilar stbm yang meliputi “stop buang air besar sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir, menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dengan benar, dan mengelola limbah rumah tangga yang sangat penting untuk diperhatikan dengan baik dan benar”jelasnya.

Dengan terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini Kepala Puskesmas Sarang I berharap harus ada peningkatan hasil capaian kesehatan lingkungan dari tahun yang sebelumnya. Sedangkan harapan bagi masyarakat khususnya yang ada diwilayah kerja Puskesmas Sarang I, diharapkan ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *