Sorak “Pusaka Sehat” menggema ramaikan senam lansia yang digelar dihalaman Puskesmas Kragan 1 pada Rabu pagi (05/09). Turut dalam senam tersebut Kepala Puskesmas Kragan 1 dr. Tusnendi yang berkali-kali bersorak menyemangati para peserta yang sudah lanjut usia supaya tetap sehat dan aktif.

Para peserta sangat antusias terlihat dari beberapa gerakan yang mungkin agak susah ditirukan. Namun para lansia tetap aktif menirukan gerakan instruktur senam. Sementara selama kurun waktu 4 tahun senam lansia di Puskesmas Kragan 1 menyabet gelar juara.

Diantaranya gelar juara III pada tahun 2016 dari Dinas Pendidikan dan Juara II tahun 2018 lomba lansia tingkat kabupaten Rembang. Senam lansia di Puskesmas Kragan 1 merupakan kegiatan rutin tiap Rabu dan Sabtu pagi yang diikuti lebih dari 50 peserta.

Untuk mengikuti kegiatan senam di Puskesmas Kragan 1 tidak ada pungutan biaya, karena merupakan program kegiatan yang dibiayai dari dana BOK (Biaya Operasional Kegiatan). Namun bagi para peserta diharapkan membawa kartu BPJS yang nantinya digunakan untuk pendataan kontak sehat kepesertaan BPJS di Puskesmas Kragan 1.

Disamping adanya senam lansia, dari tenaga kesehatan Puskesmas Kragan 1 secara gratis melakukan pemeriksaan tekanan darah bagi para peserta sebelum senam berlangsung. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi atau rendah dan berbagai penyakit yang membahayakan tubuh.

Kepala Puskesmas dr. Tusnendi menghimbau supaya kegiatan rutin senam lansia dipertahankan dan terus ditingkatkan dengan berbagai kombinasi sebagai salah satu upaya memberikan ruang gerak lansia agar menjadi lebih aktif dan sehat.

“kami berharap kepada para peserta bisa mengajak keluarga dan teman-teman lansia lainnya yang ada disekitar rumah untuk mengikuti senam pusaka. Karena senam merupakan salah satu kegiatan yang mendukung gerakan masyarakat hidup sehat (germas) yakni melakukan aktifitas fisik (olahraga) secara teratur dan terukur”ungkapnya.

Sementara Endang, selaku instruktur senam mengutarakan sangat semangat dan bergembira atas dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh Puskesmas Kragan 1 kepadanya untuk memimpin  jalannya senam lansia.(Puskesmas Kragan 1 for HumasDinkesRbg)

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

%d blogger menyukai ini: