Pengurus Bhayangkari Cabang Rembang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Rembang melakukan deteksi dini kanker payudara (breastcancer) dan kanker serviks (leher rahim) dalam rangka menyambut Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 65 tahun 2017 di Puskesmas Rembang I, Jum’at (03/10/2017).

“Anggota Bhayangkari Cabang Rembang sedang melakukan pengisian data diri sebelum dilakukan pemeriksaan”

Sebelum pemeriksaan dilakukan, diberikan penyuluhan oleh tenaga kesehatan tentang bahaya kanker payudara dan kanker leher rahim bagi perempuan. Dilanjutkan dengan pengisian data diri dan tensi darah, serta ditanya mengenai gejala klinis yang mungkin pernah dialami.

 

Kepala Puskesmas Rembang I dr.Yuliyanti dihadapan para anggota Bhayangkari dan masyarakat mengatakan deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim bagi perempuan sangat penting untuk dilakukan.

“Deteksi dini dengan Sadanis dan IVA ini memang sangat penting untuk dilakukan bagi paerempuan, mengingat kedua jenis kanker tersebut dapat mengintai siapa saja dan dapat menyebabkan kematian”jelasnya.

Kegiatan deteksi dini kanker payudara dilakukan dengan pemeriksaan payudara klinis (sadanis) oleh tenaga kesehatan, sedangkan deteksi dini kanker serviks (leher rahim) dilakukan dengan metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat). Sasaran dalam kegiatan ini adalah puluhan anggota Bhayangkari Kabupaten Rembang bersama masyarakat.

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Cabang Rembang Ovy Pungky Bhuana Santoso mengungkapkan bahwa dengan adanya program-program yang telah direncanakan oleh Pengurus Bhayangkari Cabang Rembang ingin sekali dapat berperan pada salah satu program di Bidang Kesehatan sehingga bisa bermanfaat bagi anggota Bhayangkari sendiri terlebih bagi masyarakat disekitarnya.

“Ovy Pungky Bhuana Santoso (tengah) Ketika Memberikan sambutan”

“dengan diselenggarakannya kegiatan deteksi dini ini, kita ingin sekali lebih berperan dalam program kesehatan sehingga harapan kedepan dapat bermanfaat bagi anggota Bhayangkari sendiri dan terlebih bagi masyarakat disekitarnya”ungkapnya.

 

Tidak hanya itu, Ovy juga menghimbau kepada seluruh anggotanya dan masyarakat khususnya bagi perempuan untuk tidak takut melakukan deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim.

“saya menghimbau baik dari anggota Bhayangkari maupun seluruh masyarakat khususnya bagi perempun jangan takut melakukan deteksi dina dengan Sadanis dan Pemeriksaan IVA, karena dengan melakukan deteksi dini kita dapat mengetahui awal apakah ada penyakit atau tidak, seandainya ada penyakitnya bisa dicegah agar tidak lebih parah lagi”imbaunya.

(HumasDinkesRbg)

There are no comments yet.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

%d blogger menyukai ini: