Penandatanganan SK Tim Pengelola Website dan Media Sosial Dinas Kesehatan serta Seluruh Puskesmas di kabupaten Rembang

Kegiatan pertemuan pengelola website dan media sosial dengan peserta pengelola website dan media sosial di lingkup Dinas Kesehatan dan seluruh puskesmas di Kabupaten Rembang yang dilaksanakan hari Selasa (20/09/2022). Kegiatan pertemuan pengelola website dan media sosial dilaksanakan di Citra Resto yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang dan narasumber dari dinas komunikasi dan informatika Kabupaten Rembang. Kegiatan pertemuan ini dalam rangka mengoptimalkan media sosial dan website Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk mendukung pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Rembang.

Sambutan sekaligus paparan materi tentang penguatan germas digital disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang. “Dinamika saat ini, medsos adalah kebutuhan dalam urusan kesehatan yang penting dan tidak terpisahkan dengan pekerjaan kita. Adanya komitmen programmer Dinas Kesehatan antar bidang dan Puskesmas agar media sosial bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.” Materi Kepala Dinas Kesehatan tentang penguatan germas digital, “tiga prioritas penggerakan germas digital dengan tagar #gerakan30menit, #kerendimakan, #beraniberhenti. Media digital dapat berupa website, blog, medsos, gambar, video, audio dan lain-lain. Keuntungan penggunaan media digital adalah ekonomis/murah dan jangkauannya luas” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang.

Materi yang kedua disampaikan oleh Rudy Heryanto, S. Hum, M. A dari dinas komunikasi dan informatika kabupaten Rembang. “70% penduduk rembang pengguna internet. Media sosial dalam lembaga pemerintah bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan reputasi lembaga; sebagai media interaktif; sebagai dokumentasi online; dapat menjangkau publik luas dan mendorong efisiensi. Dalam menyusun program perlu diperhatikan POST (People, Object, Strategy dan Technology). Dalam pembuatan konten pada judulnya harus ada pesan yang ingin disampaikan/ yang esensial, perhatikan primetime bukan ceremonialnya. Pilih jenis-jenis konten yang dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas” papar pemateri.

Setelah SK tim pengelola website dan media sosial ditandatangani diharapkan ada komitmen bersama antara tim pengelola website di dinas kesehatan dan puskesmas untuk membuat redaksi yang akan secara rutin dipublikasikan sehingga informasi dapat tersebar luaskan ke masyarakat dengan mudah dan cepat. (Vich/Promkes/Kesmas)



Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: